Yerusalem Kota yang Selalu Jadi Rebutan dari Zaman Dahulu, Ternyata Karena Ini -->

Yerusalem Kota yang Selalu Jadi Rebutan dari Zaman Dahulu, Ternyata Karena Ini





Yerusalem atau Jerusalem merupakan sebuah kota yang memiliki sejarah panjang baik dalam islam ataupun Kristen ataupun Yahudi. Yerusalem tidak hanya diperebutkan oleh Isreal dan Palestina saja namun kenyataannya banyak bangsa yang berjuang pada zaman dulu untuk menguasai Yerusalem.


Yerusalem ternyata diperebutkan sudah ribuan tahun. Pada masa Nabi Muhammad SAW juga pernah merebutkan kota tersebut. Melalui Umar Bin Khattab dan pasukan Islam mampu menaklukan kota tersebut. Seperti kebiasaan umat islam tempo dulu jika berhasil menaklukan daerah akan melakukan perjanjian dengan penduduk setempat untuk menciptakan kerukunan dan kedamaian dalam hidup begitu juga saat menaklukan Yerusalem. Ternyata sebelum masa Nabi Muhammad Kota Yerusalem juga sudah diperebutkan oleh banyak bangsa yaitu Babilonia dan pada masa Nabi Daud kota Yerusalem sudah menjadi kota perebutan.

Sejarah Perang Salib juga memperebutkan kota Yerusalem. Sebelumnya kota ini pernah jatuh ketangan bangsa Romawi namun dapat direbut oleh Turki Ustmani. Selanjutkan kota itu menjadi bagian dari Turki Ustmani hingga perang dunia I meletus. Pada perang dunia I, Inggris berusaha merebut kota Yerusalem dari Turki Ustmani. Dua kerajaan ini sebelumnya menjalin hubungan baik namun berubah menjelang perang dunia I saat Inggris meminta baik-baik kepada Turki Ustmani untuk menyerahkan tanah Palestina termasuk Yerusalem kepada Inggris dan akan dijadikan perkampungan bagi kelompok Yahudi namun hal itu ditolak oleh Turki Ustmani. Perang dunia I meletus merupakan kesempatan Inggris untuk menghancurkan Turki Ustmani dan setelah perang itu selesai Yerusalem dan tanah Palestina lainnya menjadi daerah jajahan Inggris dan saat itu rencana besar Inggris menjadikan Palestina sebagai daerah hunian Yahudi dilaksanankan. Gelombang pendatang Yahudi mulai menguasai tanah Palestina. Hingga sekarang persoalan Israel dan Palestina belum juga benar-benar selesai. Dikutip dari msn.com.



Mengapa Yerusalem begitu diperebutkan dari zaman dahulu hingga sekarang ? Ternyata selain letaknya strategis karena menjadi jembatan menghubungan bangsa Arab dengan Eropa juga menjadi kota suci bagi tiga agama yaitu Islam, Kristen, dan Yahudi. Bagi umat Islam Yerusalem merupakan kota suci karena adanya Masjid Al Aqso. Masjid Al Aqso menjadi bagian perjalanan Nabi Muhammad saat Isra Miraj. Bagaimana dengan Yuhudi ? ternyata kota Yerusalem juga begitu suci bagi Yahudi karena di Yerusalem ada bagunan bernama Ruang Maha Kudus. Orang Yahudi percaya penciptakan dunia berawal dari sini dan juga disini pula tempat Ibrahim mengorbankan anaknya yaitu Ismail. Terus bagaimana dengan Kristen, Umat Kristen percaya bahwa ditempat Yerusalem inilah merupakan tempat Yesus di salib. di Yerusalem ada Gereja yang begitu terkenal didunia yaitu Gereja Makam Kudus dan juga bukit Golgota dan bukit Kalvari. Jadi jangan aneh jika dari zaman dahulu Yerusalem menjadi tempat perebutan karena dengan merebut Yerusalem akan menjaga tempat ibadah tetap ada dan tidak rusak atau digunakan untuk hal yang tidak baik. Dikutip dari bbc.com.

Yerusalem sekarang ini menjadi tempat rebutan dan berusaha menjadikan Yerusalem sebagai ibukotanya yaitu baik Israel ataupun Palestina. Ternyata kota ini memiliki sejarah panjang bagi tiga agama yaitu Islam, Kristen, dan Yahudi.

Sumber

LihatTutupKomentar